06 November 2013

Portal Berita : LP2KIS & TK Salsabila Outbound Bersama di Candi Sambisari

LP2KIS NEWS - Pagi yang cerah untuk memulai aktivitas di awal tahun hijriyah ini dengan penuh semangat, keceriaan dan motivasi yang begitu besar untuk bisa menjadikan tahun baru ini lebih baik dari 1 tahun sebelumnya. Adalah PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in yang membuka lembaran baru tahun hijriyah ini dengan melakukan kegiatan yang positif lagi bermanfaat, untuk seluruh anak didiknya beserta semua wali muridnya. Agenda besar yang dilaksanakan pada pagi hari ini ialah outbond kids and family, yang salah satunya merupakan hal untuk menyambut peringatan 1 Muharam yang bertepatan jatuh pada hari ini.
Agenda outbond yang diadakan oleh PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in merupakan kali keduanya yang dilakukan setelah 1 tahun yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama pihak PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in dengan salah satu lembaga trainer yang ada di Jogja, yakni Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kopma UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau yang lebih sering dikenal dengan nama LP2KIS Yogyakarta. LP2KIS Yogyakarta sendiri bergerak dalam banyak produk training seperti : smart training, outbond training, cooperative training dan professional training. Adapun outbond training merupakan kegiatan rutin tahunan LP2KIS Yogyakarta dan PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in yang telah berjalan selama 2 tahun.

Outbond kids and family yang diadakan PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in dan LP2KIS Yogyakarta ini dilaksanakan di Candi Sambisari tepatnya yang beralamatkan di daerah Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan suatu wujud nyata untuk memeriahkan dan juga menyambut awal tahun baru hijriyah tanggal 1 Muharam 1435 H, atau yang bertepatan juga dengan kalender nasional yaitu 5 November tahun 2013 M.
Acara ini dibagi menjadi 2 bentuk yakni outbond untuk anak-anak TK Salsabila dan oubond untuk para wali murid. Peserta yang mengikuti outbond anak-anak kurang lebih mencapai 60 orang anak dan untuk para wali muridnya berjumlah lebih dan kurangya berkisar 30 peserta. Jumlah ini tidak dapat sesuai dan imbang dikarenakan hampir sebagian wali murid juga menjadi pendamping anak-anaknya pada saat outbond berlangsung, mengingat kondisi dari sebagian anak-anak TK Salsabila yang tidak bisa lepas dan jauh dari orang tuanya.
Tangis, tawa, canda dan ria anak-anak TK Salsabila menghiasi acara outbond pada pagi hari ini. Terlihat sekali dengan jelas antusias dan semangat anak-anak TK Salsabila dalam mengikuti outbond sungguh luar biasa, layak untuk kita acungkan jempol buat kerja sama dan kekompakan yang telah anak-anak TK Salsabila lakukan. Seperti halnya pada saat anak-anak TK Salsabila bermain mengambil permen dalam nampan yang berisi tepung dengan menggunakan mulut, bermain transfer karet menggunakan sedotan, joget balon di kepala, air bocor dengan kondisi semua anak memegang tali yang sudah terikat pada gelas plastik, ular-ularan dan bernyanyi bersama mengikuti yel-yel masing-masing kelompok yang ada.
Outbond anak-anak TK Salsabila ini dibagi ke dalam 7 kelompok, dengan  kelompoknya menyesuaikan peran kartun dan film anak-anak yang paling digemari, seperti : doraemon, crayon shinchan, teletubies, sponegbob squarepants, satria baja hitam bima, upin-ipin, dan shaun the shep. Pos game outbond yang ada berjumlah 3 buah dan pada akhir outbond didapatkan satu kelompok juara yang berhasil mengumpulkan bendera paling banyak, yaitu kelompok spongebob. Tidak hanya para pemenang saja yang diberikan hadiah pada akhir permainan, tapi semua kelompok yang ada tetap diberikan reward atas hasil usaha dan kerja keras yang dilakukan anak-anak TK Salsabila selama mengikuti outbond.
Kegiatan outbond kids and family ini ditutup dengan menyantap hidangan bakso secara bersama-sama, dengan harapan keadaan kondisi cuaca yang panas juga melelahkan mampu sejenak untuk dihilangkan dengan memakan makanan yang hangat dan berkumpul bersama-sama layaknya satu keluarga besar yang rukun dan jaya di bawah lindungan teduhnya pohon yang rindang dan sejuk. Serta tidak lupa pula sebelum pulang dilakukan photo bersama antara PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in dengan LP2KIS Yogyakarta, dan pembuatan video singkat untuk acara Super Mahasiswa Jilid IV Tahun 2013 yang insyaallah akan dilaksanakan LP2KIS Yogyakarta tanggal 23 November nantinya.
Alhamdulillah, seluruh kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Harapan ke depannya semoga jalinan kerja sama antara PGI TK IT Salsabila Al-Muthi’in dengan LP2KIS Yogyakarta ini bisa tetap terjalin indah, kuat dan saling mendukung satu sama lain nantinya buat tahun-tahun berikutnya. Dengan momentum awal tahun baru hijriyah ini semoga segala aktivitas yang telah dilakukan bersama senantiasa selalu dalam ridho-NYA dan menjadikan pribadi masing-masing untuk terus bisa bangkit, semangat dan terus berkarya agar selalu sukses bersama.
Candi Sambisari
5 November 2013

No comments:

Post a Comment